- Back to Home »
- Dunia Sejarah »
- Sejarah Bank Bukopin
Posted by : Unknown
Senin, 21 Oktober 2013
Sejarah
Bank Bukopin yang sejak berdirinya tanggal 10 Juli 1970 menfokuskan
diri pada segmen UMKMK, saat ini telah tumbuh dan berkembang menjadi
bank yang masuk ke kelompok bank menengah di Indonesia dari sisi aset.
Seiring dengan terbukanya kesempatan dan peningkatan kemampuan melayani
kebutuhan masyarakat yang lebih luas, Bank Bukopin telah mengembangkan
usahanya ke segmen komersial dan konsumer.
Ketiga segmen ini merupakan pilar bisnis Bank Bukopin, dengan
pelayanan secara konvensional maupun syariah, yang didukung oleh sistem
pengelolaan dana yang optimal, kehandalan teknologi informasi,
kompetensi sumber daya manusia dan praktek tata kelola perusahaan yang
baik. Landasan ini memungkinkan Bank Bukopin melangkah maju dan
menempatkannya sebagai suatu bank yang kredibel. Operasional Bank
Bukopin kini didukung oleh lebih dari 280 kantor yang tersebar di 22
provinsi di seluruh Indonesia yang terhubung secara real time on-line.
Bank Bukopin juga telah membangun jaringan micro-banking yang diberi
nama “Swamitra”, yang kini berjumlah 543 outlet, sebagai wujud program
kemitraan dengan koperasi dan lembaga keuangan mikro.
Dengan struktur permodalan yang semakin kokoh sebagai hasil
pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) pada bulan Juli 2006, Bank
Bukopin terus mengembangkan program operasionalnya dengan menerapkan
skala prioritas sesuai strategi jangka pendek yang telah disusun dengan
matang. Penerapan strategi tersebut ditujukan untuk menjamin dipenuhinya
layanan perbankan yang komprehensif kepada nasabah melalui jaringan
yang terhubung secara nasional maupun internasional, produk yang beragam
serta mutu pelayanan dengan standar yang tinggi.
Keseluruhan kegiatan dan program yang dilaksanakan pada akhirnya
berujung pada sasaran terciptanya citra Bank Bukopin sebagai lembaga
perbankan yang terpercaya dengan struktur keuangan yang kokoh, sehat dan
efisien. Keberhasilan membangun kepercayaan tersebut akan mampu membuat
Bank Bukopin tetap tumbuh memberi hasil terbaik secara berkelanjutan.
Visi dan Misi
Visi, menjadi bank yang terpercaya dalam pelayanan jasa keuangan. Misi,
memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah, turut berperan dalam
pengembangan usaha menengah, kecil, mikro dan koperasi, serta
meningkatkan nilai tambah investasi pemegang saham dan kesejahteraan
karyawan.
Struktur Organisasi
Produk Bank Bukopin
Produk Swamitra
Produk Dana | |||||||||||||||
Pada dasarnya produk dana atau simpanan yang dimiliki oleh Swamitra terdiri dari : | |||||||||||||||
|
|||||||||||||||
Produk Pinjaman | |||||||||||||||
Pada dasarnya produk pinjaman yang dapat dilayani oleh Swamitra terdiri dari : | |||||||||||||||
|
Berbagai Layanan – Layanan Yang di berikan Bank Bukopin | |
Pinjaman | |
Kredit Mobil Bukopin Fasilitas Kredit Mobil Bank Bukopin mewujudkan mobil idaman Anda dengan cepat, ringan dan fleksibel. Apa keunggulan Kredit Mobil Bukopin ? Bebas menentukan jenis/merk mobil (baik mobil lama ataupun baru) Proses cepat Biaya proses ringan Bagi yang disetujui akan mendapatkan kartu kredit secara langsung Angsuran per bulan terjangkau. Berapa lama kredit bisa diangsur ? Kredit Mobil Bukopin bisa diangsur hingga 60 kali Apa saja persyaratan pengajuannya ? WNI, berusia 21- 55 tahun atau usia pensiun Berdomisili di wilayah kerja Bank Bukopin Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap sesuai dengan ketentuan Bank Bukopin Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi - Karyawan - Profesional - Wiraswasta 01. Copy KTP / Kartu Identitas 02. Copy Surat nikah 03. Copy Kartu keluarga 04. Surat ijin praktek / SK Profesi 05. Salinan Rekening Koran / Tabungan 3 bulan terakhir 06. Slip gaji asli bulan terakhir 07. Salinan rek. PLN/PAM/Telp 08. Surat keterangan Perusahaan/ Copy SK Pengangkatan Pegawai 09. NPWP atau SPT PPh 21 (untuk pinjaman diatas Rp. 100 juta) |
|
Membuat Rekening Tabungan Bukopin | |
1. Giro Bukopin - Persyaratan Untuk Perorangan KTP/SIM/Paspor, NPWP dan Surat Referensi - Persyaratan Untuk Perusahaan Anggaran Dasar dan Akta Pendirian SIUP, NPWP, TDP, Keterangan Domisili Identitas diri Pejabat yang berhak menandatangani cek / bilyet giro Surat Referensi - Persyaratan Untuk Koperasi / Yayasan Anggaran Dasar dan Akta Pendirian NPWP, SIUP Identitas diri Pengurus yang berhak menandatangani cek/bilyet giro Surat Referensi 2. Giro Valas Persyaratan Mudah Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi pembukaan “GIRO VALAS Bukopin” Untuk Perorangan - Mengisi dan menandatangani permohonan berikut pendukungnya. - Menyerahkan fotocopy identitas diri ( KTP/SIM/Passport ) - Menyerahkan NPWP - Mengisi Surat Penryataan Joint Account (khusus rekening Joint Account) Untuk Institusi atau Perusahaan - Mengisi dan menandatangani permohonan berikut pendukungnya. - Menyerahkan fotocopy identitas diri ( KTP/SIM/Passport ) - Menyerahkan NPWP - Menyerahkan fotocopy Akta Pendirian, SIUP, TDP, SK Domisili, Surat Referensi dan NPWP. 3. SiAga Dollar Persyaratan mudah Setoran awal ringan Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi pembukaan ‘SiAga Dolar’ Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/ SIM/ Paspor) Untuk Badan Usaha menyerahkan fotokopi Akte Pendirian dan NPWP 4. Tabungan SiAga Bukopin SYARAT DAN KETENTUAN Tabungan SiAga khusus diperuntukkan bagi nasabah perorangan. Mengisi dan menandatangani formulir aplikasi pembukaan Tabungan SiAga. Menyerahkan fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor). 5. Tabungan SiAga Bukopin Premium Syarat Ketentuan Pembukaan Rekening. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening. Menyerahkan Fotocopy identitas diri. Setoran awal Rp 100.000.000,- (syarat dan ketentuan berlaku) 6. Tabungan SiAga Bukopin Bisnis Syarat Ketentuan Pembukaan Rekening. Mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening. Menyerahkan Fotocopy KTP/SIM/Passport. |
Teknologi yang di pakai
Sasaran pengembangan teknologi Bank Bukopin adalah mengintegrasikan proses bisnis pada prospective prime customer melalui
layanan bank dengan bantuan teknologi, sehingga efisiensi, akurasi,
efektifitas, dan manajemen di kedua sisi dapat ditingkatkan. Proses
otomatisasi di internal Bank Bukopin secara nir kertas dengan akurasi
dan security yang baik juga terus ditingkatkan sehingga menjamin kualitas output yang baik.
Adapun dari sisi sumber daya manusia, Bank Bukopin menerapkan
kebijakan untuk memberdayakan tiap level organisasi, baik struktural
maupun fungsional, perampingan organisasi, mengarahkan pengembangan knowledge dan skill sesuai orientasi bisnis perusahaan, serta mengembangkan budaya pembelajaran (learning culture).
sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id
sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id