- Back to Home »
- Dunia Kerja , Karir »
- Yang Harus Dilakukan Saat Resign Atau Pindah Pekerjaan
Posted by : Unknown
Selasa, 12 Maret 2013
Yang namanya pekerja kantor, ada masanya Anda harus berhenti. Tidak
selamanya kita menjadi bagian dari sebuah perusahaan. Dengan alasan
pindah perusahaan, ingin memulai wirausaha atau ingin fokus mengurus
anak, apapun alasan itu, Anda harus berpamitan dengan cara yang baik dan
sopan.
Inilah yang harus Anda lakukan saat waktu perpisahan itu tiba.
Selesaikan Tanggung Jawab
Anda
diharuskan mengajukan surat pengunduran diri sebulan bahkan beberapa
bulan sebelum waktu yang Anda tetapkan untuk keluar (tergantung
kebijakan perusahaan). Selama masa itu, pastikan Anda tetap melakukan
tugas dan menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan. Rapikan semua file dan
jika sudah ada orang yang menggantikan posisi Anda, ajarkan semua hal
yang harus dia lakukan. Pastikan semua pekerjaan beres agar tidak ada
tugas tersisa ketika Anda meninggalkan kantor.
Rapikan Meja
Saat
Anda memakai meja kerja, pastikan semua barang pribadi Anda sudah Anda
rapikan dan siap dibawa pulang. Kembalikan semua inventaris kantor.
Jangan lupa hapus semua file pribadi Anda di dalam komputer, jika ada
file yang ingin Anda simpan, pindahkan dalam flashdisk pribadi. Jangan
sampai ada file yang tersisa. Ganti wallpaper komputer dengan wallpaper
standart. Pastikan tidak ada sampah atau kertas sisa di dalam laci meja.
Jangan sampai pengganti Anda menganggap Anda sebagai wanita yang jorok
dan tidak rapi.
Email Perpisahan
Jangan lupa
mengucapkan sampai jumpa lagi melalui email. Masukkan saja semua nama
dalam satu email, karena email ini lebih bersifat kekeluargaan. Jika
rekan kerja Anda adalah orang yang ramah, tuliskan pengalaman
menyenangkan saat Anda menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Jangan
lupa ucapkan terima kasih pada rekan kerja atau meminta maaf bila ada
sikap Anda yang kurang berkenan. Sertakan juga nomor handphone atau
kontak Anda, agar bisa mereka simpan dan silaturahmi tetap berjalan.
Perpisahan
yang baik dan hangat akan meninggalkan kesan bahwa Anda adalah pribadi
yang hangat dan menyenangkan. Siapa tahu, di lain waktu ada kesempatan
untuk bekerja sama dengan rekan kantor lama, sehingga penting untuk
menjaga nama baik, bahkan di saat Anda berpisah dengan perusahaan
tersebut.
sumber : vemale.com